Mengenal Pakaian Adat Bali: Payas Agung, Payas Madya, Payas Alit

Mengenal Pakaian Adat Bali: Payas Agung, Payas Madya, Payas Alit

Bali sebagai tujuan wisata yang lengkap mempunya beragam tempat wisata yang menarik, mulai dari Pantai Kuta, Tanah Lot, Danau Bedugul dan Garuda Wisnu Kencana. Kesenian dan budaya di Bali juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Tidak hanya itu, pakaian daerah khas Bali yang sehari-hari dikenakan oleh masyarakat Bali membuat Pulau Dewata ini terasa kental budayanya. Pakaian daerah Bali sangat bervariasi, meskipun secara kasat mata pakaiannya terlihat sama. Beberapa contohnya yaitu Payas Agung, Payas Madya, dan Payas Payas Alt

Masing-masing daerah di Bali memiliki ciri khas dan ornamen. Hal ini juga berdasarkan kegiatan atau upacara adat, jenis kelamin, status sosial dan umur. Untuk melestarikan budaya Bali, bisa dimulai dari mengenali pakaian khas daerahnya. site here

Payas Agung

Payas agung adalah pakaian tradisional masyarakat Bali. Payas agung ini biasanya dipakai ketika upacara pernikahan atau potong gigi. Pakaian ini memiliki kesan mewah dan spesial, maka dari itu payas agung tidak ditujukan untuk berbagai aktivitas.

Payas agung dikenakan bersama mahkota yang menjulang tinggi dan kain dengan berbagai warna yang dipakai oleh pengantin perempuan.

pengantin perempuan juga memakai tapih panjang yang melilit dari dada hingga jari kaki. Kain ini lalu dilapisi oleh kemben dan kamen prada yang menutup sampai mata kaki.

Mereka juga menggunakan riasan yang disebut srinata, lengkungan simetris pada kening. Mahkota yang dikenakan oleh pengantin perempuan terdiri dari bunga sandat dan juga bunga emas. Mereka juga memakai aksesoris seperti gelang di bahu sebelah kiri dan di pinggang.

Payas Madya

Payas Madya agak sedikit berbeda dengan payas agung. Payas madya memiliki kesan yang lebih santai, maka dari itu pakaian ini juga bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Kata madya sendiri mempunyai arti menengah.

Payas Madya tidak dikenakan dengan aksesoris yang terlalu banyak seperti Payas Agung. Payas madya juga bisa dikenakan ketika ritual keagamaan dan juga pesat adat.

Payas Alit

Payas alit adalah pakaian adat yang memang bisa dikenakan dalam aktivitas sehari-hari. Payas Alit jauh lebih sederhana dibandingkan payas agung dan payas madya. Kata Alit sendiri mempunyai arti kecil sehingga memiliki makna sederhana atau tingkatan yang paling kecil.

Payas alit untuk pria bisa mengenakan baju safari atau baju koko dengan penutup kepala udeng. Masyarakat bali biasanya memakai payas alit untuk keperluan ibadah ke pura.

Untuk mengetahui kekayaan Bali lainnya, bisa membaca buku Jelajah Wisata Budaya Negeriku Provinsi Bali. Buku ini dikemas dengan penuh warna dan mengajarkan kita tentang budaya Bali dengan cara yang tidak membosankan.