Mengenal 7 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh

Mengenal 7 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh

Tidur siang yang cukup tidak hanya menghilangkan rasa kantuk, namun juga turut memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh?

Tidur siang yang dilakukan dengan benar diketahui mampu meningkatkan suasana hati karena dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh. Suasana hati yang baik akan membantu meningkatkan produktivitas harian Anda. Mari kenali manfaat tidur siang rsstrokebkt lainnya melalui ulasan di bawah ini.

7 Manfaat Tidur Siang

Ada beragam manfaat tidur siang yang bisa Anda dapatkan, mulai dari menjaga konsentrasi dan kewaspadaan, meningkatkan suasana hati, hingga menurunkan tekanan darah. Tidur siang tidak memerlukan durasi yang panjang dan dapat dilakukan di sela-sela kesibukan Anda. Tidur siang di sela-sela aktivitas saat siang hari disebut juga dengan power nap.

1. Menjaga Konsentrasi dan Kewaspadaan

Manfaat tidur siang yang pertama adalah menjaga konsentrasi dan kewaspadaan. Pasalnya, tidur siang membantu menurunkan kadar adenosin di dalam otak yang berperan dalam menciptakan rasa kantuk. Hal ini membuat otak bisa bekerja dengan optimal sehingga konsentrasi dan tingkat kewaspadaan pun lebih terjaga.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Meningkatkan suasana hati diketahui juga menjadi salah satu manfaat tidur siang bagi wanita maupun pria. Tidur siang yang dilakukan dengan benar dapat memulihkan energi yang secara tidak langsung meningkatkan suasana hati.

Tidur siang juga diketahui dapat menurunkan risiko depresi. Hal ini dikarenakan tidur siang mampu memberikan efek relaksasi ketika Anda stres dan jenuh dengan rutinitas sehari-hari.

3. Mengoptimalkan Daya Ingat

Tidur siang secara rutin dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengolah serta mengingat hal-hal yang baru dipelajari. Tidur siang bahkan diketahui bisa mencegah gangguan memori, seperti demensia dan pikun

Namun, berbeda halnya apabila tidur siang dilakukan terlalu lama dan sering. Sebab hal tersebut justru dapat menjadi gejala dari demensia. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan waktu tidur siang yang ideal.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kelelahan dan stres yang dialami oleh seseorang bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, kondisi ini bisa diminimalisasi dengan mencukupi waktu istirahat dan tidur, salah satunya melalui tidur siang. Tidur siang didapati mampu menurunkan produksi hormon stres, yaitu hormon kortisol, yang memicu peningkatan tekanan darah.

5. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat tidur siang berikutnya yaitu membantu meningkatkan produktivitas sehari-hari. Ini disebabkan tidur siang mampu meningkatkan fungsi otak, kecepatan psikomotor, respon, serta tingkat kewaspadaan. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah dan konsisten untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu cara menurunkan risiko penyakit jantung bisa dilakukan dengan mencukupi waktu tidur siang maksimal 30 menit per hari. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Tokyo di Jepang di mana tidur siang selama 30 menit mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat dari tidur siang terhadap kesehatan jantung. Namun tidak ada salahnya untuk menerapkan kebiasaan ini mengingat masih banyak benefit yang bisa didapat dari tidur siang.

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kurang tidur juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Tidur siang sekitar 20 sampai 30 menit secara rutin dapat membantu Anda untuk mencukupi waktu tidur setiap harinya.

Tidur siang akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak, sehingga turut meningkatkan sistem imun. Tidur di siang hari juga mampu mengurangi kadar norepinefrin dan sitokin inflamasi yang mengendalikan sistem imun tubuh.

Cara Tidur Siang yang Baik

Tidur siang perlu dilakukan dengan tepat untuk memperoleh manfaatnya secara optimal. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Tidur siang di antara pukul 1 sampai 3 sore agar tidak terlalu dekat dengan jam tidur malam dan tidak terlalu dekat dengan jam makan siang.
  • Durasi tidur siang paling baik adalah sekitar 20 hingga 30 menit. Hindari tidur siang berlebihan karena dapat menyebabkan insomnia pada malam hari.
  • Ciptakan suasana yang nyaman dan tenang pada kamar tidur Anda. Anda dapat mengatur suhu udara kamar agar tetap sejuk menggunakan kipas angin atau air conditioner (AC).
  • Gunakan penutup mata bila perlu agar tidur siang tidak terganggu oleh cahaya lampu atau sinar matahari yang masuk ke dalam kamar.

Itu dia ulasan seputar pentingnya tidur siang bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Selain melalui tidur siang, Anda juga disarankan untuk mengimbangi kebiasaan ini dengan pola hidup sehat lainnya.